Untuk Peringatan Saya

Syair Si Burung Pingai ~ Hamzah Fansuri

Mac 14, 2007

Hamzah sesat di dalam hutan
pergi uzlat berbulan-bulan
akan kiblatnya picek dan jawadan
inilah lambat mendapat Tuhan

Unggas pingai bukannya balam
berbunyi siang dan malam
katanya akal ahl al-alam
Hamzah Fansuri sudahlah kalam

Tuhan hamba yang punya alam
timbulkan Hamzah yang kalam
ishkinya jangankan padam
supaya warit di laut dalam

~ Hamzah Fansuri

Search This Blog

Popular Posts

Thursday, October 13, 2011

Menunggu surat cinta dari-Mu..laila

Di ambang lelapku…
kembali aku membaca dan mencoba memahami
berkuntum rampai kisah, terangkai seindah titah
tergurat nyata di setiap lembar surah,
di dalam primbon suci abadi.
yang telah terjilid rapi,
jauh sebelum ruhku di tiup meringkuk dan bersimpuh
 di dalam gua garba bidadari.

di sebuah lembarnya aku dapati bait yang mengurai
tentang sucinya rasa.
dengan guratan sekilau kencana sabda,
bertabur butiran mutiara kebenaran makna.
menguntai, menghiasi mahkota cinta
yang kuharap akan Engkau titipkan di dalam pundi hayatku,
di antar oleh jiwa yang sebelahnya telah bertahta di singgasana ragaku.
untuk bertemu dan bersatu, bersama bercengkerama di balairung istana kalbu.

lalu kutanggalkan sejenak lelapku…
mengambil setangkup air suci,
membasahi dahaga batinku.
merasakan setiap tetes beningnya mengaliri gerakku,
menari dan meliuk dalam iringan gemulai nada-nada sahdu-Mu
sesahdu bait-bait cinta yang tergurat di dalam surat-Mu
yang hingga kini masih aku tunggu,
untuk Engkau kirimkan padaku…

No comments:

Post a Comment